Home » » GERDAL Dobrak Hama Tanaman

GERDAL Dobrak Hama Tanaman

Written By Fokus Batulicin on Sabtu, 16 Februari 2019 | 23.49

fokusbatulicin.com - Dalam rangka meningkatkan produktifitas hasil pertanian masyarakat, Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Tanah Bumbu Bidang Tanaman Pangan dan Holtikultura melakukan Gerakan Pengendalian (Gerdal) Hama Penyakit.

Gerakan pengendalian hama penyakit pada tanaman padi ini melibatkan Balai Penyuluh Pertanian (BPP).

Seperti beberapa hari yang lalu, Distan bersama BPP Batulicin melakukan gerdal hama penyakit di lokasi persawahan Desa Sarigadung Kecamatan Simpang Empat.

Di lokasi persawahan masyarakat itu, Distan dan BPP Batulicin melakukan pengendalian terhadap hama wereng mengingat pertanian didaerah itu sudah musim tanam.

Mantri Tani Kecamatan Batulicin, Doni Pandodean saat ditemui di BPP Batulicin, Selasa (12/02) mengatakan melalui program Gerdal hama penyakit, pemerintah daerah berupaya membantu petani dalam mempersiapkan dan menjaga kualitas tanaman padi petani.

Doni menambahkan Gerdal dilakukan untuk mencegah kegagalan tanam akibat gangguan organisme tanaman padi seperti tikus, keong, dan wereng.

Menurutnya, gerdal bisa dilakukan sebelum masa tanam dan saat perawatan.

Pada masa tanam biasanya dilakukan pengendalian hama tikus dan keong. Sedangkan saat perawatan dilakukan pengendalian hama wereng.

Menurutnya, jika hama penyakit ini tidak dikendalikan maka akan menjadi momok menakutkan bagi para petani dan berakibat pada berkurang pada gagalnya pertanian masyarakat.

"Sebagai contoh, jika hama tikus tidak dikendalikan maka petani bisa gagal panen," ujarnya.

Untuk pengendalian hama ini, Distan Tanbu tidak sendirian tetapi dibantu oleh BPP, Pengamat Organisme Pengganggu Tanaman, Mantri Tani, Lab Hayati, PPL, dan petani langsung melakukan gerdal di lokasi-lokasi yang telah ditentukan. (Tfb) // foto : ist

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved