Home » » Gerdal Wereng Sebagai Upaya Cegah Perluasan

Gerdal Wereng Sebagai Upaya Cegah Perluasan

Written By Fokus Batulicin on Selasa, 19 Februari 2019 | 11.07

fokusbatulicin.com - Melalui Bidang Tanaman Pangan dan Holtikoltura, melaksanakan Gerakan bersama pengendalian hama Wereng Coklat yang menyerang tanaman padi di wilayah Kabupaten Tanah Bumbu, dengan mengambil lokasi areal tanaman padi masyarakat Desa Sarigadung Kecamatan Simpang Empat, Senin, (18/02).

Hal ini sebagai upaya mencegah penyebarluasan hama Wereng Coklat yang menyerang tanaman padi di wilayah Kabupaten Tanah Bumbu, melalui Dinas Pertanian terus melakukan Gerakan Pengendalian (Gerdal) hama Wereng secara menyeluruh. Dimana Pengendalian dilakukan dengan cara menyeprotkan cairan pestisida secara bersama pada tanaman padi yang terserang penyakit.

Kepala Dinas Pertanian, Setia Budi, melalui Kepala Seksi Pembenihan dan Perlindungan Tanaman, Indra Wijaya, mengatakan, kegiatan gerdal yang dilakukan merupakan tahapan awal pencegahan yang bertujuan menghambat penyebarluasan hama wereng coklat yang menyerang tananaman padi milik masyarakat. Disamping itu juga bertujuan untuk mencegah padi gagal panen.

"Ini harus segera kita lakukan, sebab penyebaran hama begitu cepat dan apa bila terlambat akan mengakibatkan kerusakan tanaman padi, dan menyebabkan kematian tanaman padi hingga gagal panen," jelasnya.

Pada gerdal tersebut, pihaknya telah dibantu dan didukung oleh Balai Perlindungan Tanaman Pangan Provinsi Kalimantan Selatan, Kepala BPP, Mantri Tani dan Penyuluh Pertanian. Pada Gardal kali, Dinas Pertanian Kabupaten Tanah Bumbu telah membantu petani berupa racun dan obat-obatan pembasmi hama. (TFB) // foto : kominfo Tanbu


Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved