Home » » Kepayang, Wakili Lomba Desa Kusan Hulu

Kepayang, Wakili Lomba Desa Kusan Hulu

Written By Fokus Batulicin on Senin, 25 Maret 2019 | 16.10

fokusbatulicin. com - Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Kabupaten Tanah Bumbu Tahun 2019 beranjak ke Kecamatan Kusan Hulu.

Pada Senin, (25/03/2019) Tim Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan menilai perwakilan dari Kecamatan Kusan Hulu yaitu Desa Teluk Kepayang.

Kedatangan tim penilai disambut dengan kesenian kuda lumping serta penampilan dari anak-anak TK.

Kepala Desa Teluk Kepayang, Siswan, dalam kesempatan itu menyampaikan, ini adalah kali pertama desanya mengikuti lomba desa selama periode ia memimpin.

"Sebagai perwakilan dari Kecamatan Kusan Hulu, kami mengucapkan selamat datang untuk tim penilai lomba desa dan posyandu di Desa Teluk Kepayang yang asri dan masih dikelilingi hutan dan gunung," sebutnya.

Dengan luas wilayah 14.753,8 ha, fokus utama pembangunan desa adalah di bidang Pendidikan, Kesehatan, Pertanian, Perkebunan dan Usaha Kecil. Dengan luasan tersebut, maka potensi pertanian dan perkebunan sangat terbuka.

"Saat ini masyarakat desa telah memiliki area perkebunan kelapa sawit seluas kurang lebih 700 ha dengan sistem plasma yang dikelola melalui koperasi," ujarnya.

Selain itu, menurut Siswan, pihaknya mendorong masyarakat untuk mencoba usaha baru yaitu berkebun jagung dan menanam pohon sengon.

"Jagung ini digunakan untuk bahan pakan ternak, sedangkan sengon untuk bahan olahan dari kayu. Saat ini telah dimulai perkebunan jagung dengan luas kurang lebih 15 ha dan pohon sengon seluas 6 ha," jelasnya.

Ia juga mengajak masyarakat untuk terus terlibat dalam menggali potensi-potensi ekonomi baru, guna bersama-sama membangun demi kesejahteraan masyarakat Desa Teluk Kepayang. (TFB/ foto : kominfo)

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved