Home » » Mendagri : " Masih Banyak Konsumen Diperdayai"

Mendagri : " Masih Banyak Konsumen Diperdayai"

Written By Fokus Batulicin on Rabu, 20 Maret 2019 | 09.18

Peringatan Hari Konsumen Nasional (Harkonas) 2019 di Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat, Selasa (19/03). Kegiatan itu dirangkai dengan  Pameran Perekonomian yang diikuti oleh lembaga yang memiliki layanan pengaduan konsumen seperti instansi pemerintah, lembaga perlindungan konsumen, BUMN/BUMD, operator telekomunikasi dan perbankan. 

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita saat peringatan Harkonas menyatakan masih banyak konsumen yang diperdayai. Karenanya, perlu adanya upaya dari pemerintah untuk mendorong industri agar lebih bertanggung jawab.

"Makin lama konsumen itu sudah mengetahui hak-haknya. Dan cukup banyak konsumen yang masih dalam tanda kutip diperdayai atau apa yang dibeli tidak sesuai dengan apa yang dijanjikan," kata Mendag.

Mendag juga menekankan edukasi soal hak konsumen. Peringatan Harkonas bisa dijadikan momentum bagi konsumen untuk lebih mengetahui hak-haknya.

"Lalu kita mendorong para produsen untuk bertanggung jawab, karena kalau mau berusaha dengan baik, maka penuhi janji dan komitmennya. Kalau tidak, maka pada satu titik dia akan ditinggal oleh konsumennya," ujarnya.

Selain pameran, juga akan dilakukan peresmian Kantor/Unit Metrologi Legal, Launching Juru Ukur Timbang, Pemberian Penghargaan Pemda Terbaik Peduli Konsumen dan Peresmian Pasar.

Puncak acara rencananya dilaksanakan pada tanggal 20 Maret 2019, yang akan menghadirkan Presiden RI Joko Widodo beserta 3.000 orang konsumen untuk minum kopi bersama.

Dalam Kegiatan itu Bupati Tanah Bumbu yang juga turut  menghadiri peringatan Hari Konsumen Nasional (Harkonas), berharap kegiatan ini berdampak positif terhadap perkembangan Dunia Perekonomian di Daerah. ( TFB// Foto : ist)

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved