Home » » 77.183 KIA Tercetak Hingga Mei 2019

77.183 KIA Tercetak Hingga Mei 2019

Written By Fokus Batulicin on Sabtu, 01 Juni 2019 | 20.53

fokusbatulicin.com - "Sampai akhir Mei 2019 ini, Disdukpencapil telah cetak KIA baik secara umum maupun kolektif sebanyak 77.183 atau mencapai 75 persen dari target 100.000 anak," terang Kepala Disdukpencapil Tanbu, Kursani, melalui Kabid Pendaftaran Penduduk, Des Rizal RRD, belum lama tadi di Batulicin.

Berbagai upaya terus dilakukan Disdukpencapil Tanbu agar target 100 persen anak-anak di Tanbu memiliki KIA. Diantaranya yaitu dengan terus memberikan kemudahan dalam hal pelayanan pencetakan KIA dengan layanan jemput bola ke Desa-desa dan Sekolah-sekolah. Selain itu juga dengan pembuatan KIA secara kolektif ditingkat Desa yang bekerjasama dengan Kepala Desa dan Ketua RT.

"Bagi anak yang belum memiliki KIA, Disdukpencapil menggandeng Kepala Desa dan Ketua RT untuk mengarahkan setiap warganya yang berusia 0 tahun sampai 17 tahun kurang satu hari untuk mengumpulkan persyaratan pembuatan KIA secara kolektif ditingkat Desa. Berkas yang terkumpul di Desa diserahkan ke Disdukpencapil untuk segera dilakukan pencetakan KIA," ujar Des Rizal.

Percepatan pencetakan KIA ini, sebut Rizal juga sebagai upaya Pemkab Tanbu mendukung program nasional yaitu sinkronisasi dari data pokok pendidikan dengan data kependudukan dan pencatatan sipil dalam hal ini Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) akan diganti dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Ini dilakukan untuk mempermudah pemerintah dalam mengawasi program pendidikan wajib belajar 12 tahun. Dengan terintegrasi NIK ini diharapkan tingkat keberlanjutan pendidikan anak usia sekolah terus terpantau sehingga upaya pemerintah menekan jumlah anak putus sekolah berjalan tepat sasaran.

Sementara itu, Bupati Tanah Bumbu, H Sudian Noor mengapresiasi langkah dan upaya yang dilakukan oleh Disdukpencapil Tanah Bumbu dalam rangka memaksimalkan pelayanan publik dengan sistem jemput bola dalam hal administrasi kependudukan.

Terkait percepatan pencetakan KIA, sebut Bupati hal ini dilakukan dalam rangka sadar administrasi kependudukan termasuk anak-anak yang berusia 0 tahun sampai 17 tahun kurang satu hari untuk memiliki identitas yaitu KIA. "Ini juga berkaitan dengan upaya pemerintah daerah untuk mewujudkan Kabupaten Tanah Bumbu sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA)," ujarnya.

Untuk diketahui, KIA adalah bukti identitas resmi untuk anak di bawah 17 tahun selayaknya KTP bagi orang dewasa. Kartu yang diterbitkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil ini memiliki kegunaan yang sama dengan KTP.

Menurut Permendagri nomor 2 tahun 2016, penerbitan KIA dapat melindungi pemenuhan hak anak, menjamin akses sarana umum, hingga untuk mencegah terjadinya perdagangan anak. Kartu ini juga dapat menjadi bukti identifikasi diri ketika sewaktu-waktu mengalami peristiwa buruk.

KIA juga berguna untuk memudahkan anak mendapatkan pelayanan publik di bidang kesehatan, pendidikan, imigrasi, perbankan, dan transportasi. Terkhusus di Kabupaten Tanah Bumbu, KIA dilengkapi dengan kolom identitas golongan darah.

Hal ini untuk mempermudah dalam memberikan pelayanan kesehatan jika pemilik KIA memerlukan donor darah dan lainnya sehingga cepat tertangani. Mempermudah pengisian kolom golongan darah pada KIA, Pemkab Tanbu menyediakan ruangan khusus pemeriksaan golongan darah di Kantor Disdukpencapil Tanbu. (TFB/ foto : ist)

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved