Home » » Hujan Sehari, Sejumlah Titik Tanbu Mulai Rawan Banjir

Hujan Sehari, Sejumlah Titik Tanbu Mulai Rawan Banjir

Written By Fokus Batulicin on Sabtu, 08 Juni 2019 | 16.51

Sejak sabtu (08/06) pagi, hujan mengguyur nyaris merata di seluruh wilayah di Tanah Bumbu, hingga sore hari.  Kondisi cuaca yang cukup ekstrem itu juga sempat menumbangkan pepohonan yang ada di wilayah Pal 1 Kecamatan Simpang empat.

Menurut informasi yang diterima, Guyuran hujan yang cukup deras ini tidak hanya menggenangi sejumlah penduduk di kwasan simpang empat saja, namun sudah mulai merata menyentuh seluruh kecamatan yang ada di Tanah Bumbu, kecamatan tersebut adalah berpotensi mengalami musibah banjir setiap tahunnya. 

Dari pantuan, Sabtu Sore sekitar pukul 17.00 wita, hujan sudh tidak turun lagi, namun sudah terlihat imbasnya. sebut saja Komplek Perumahan Bumi Datar Laga belakang Kompi Senapan 623 Desa Sarigadung, Kecamatan Simpang Empat, air terlihat mengepung perumahan ini dan merangsek memasuki ke dalam rumah rumah warga. 

sekedar diketahui, Kawasan perumahan ini memang kerap menjadi langganan banjir setiap tahun. Selain karena berada di dataran rendah di kawasan itu juga banjir melanda sebagian dari disebabkan oleh faktor banjir kiriman  kiriman dari daerah dataran yang lebih tinggi.

Selain Perumahan Datarlaga, Sepanjang jalan artery Pelajau Kecamatan Simpang Empat, mulai tergenang, bahkan air ditempat ini nyaris mencapai setinggi lutut orang dewasa. Bahkan, Sejumlah pertokoan yang terdapat disepanjang jalan ini memilih tutup dan terlihat sebagian penghuninya memilih mengevakuasi barang dagangannya ketempat yang lebih tinggi.

sementara itu, menurut keterangan dari Kepala BPBD Eryanto Rais, banjir juga terjadi di Desa Satiung, Kecamatan Kusan Hilir. Diketahui sedikitnya ada 17 rumah warga yang juga mulai  terendam banjir. begitu juga untuk wilayah Kecamatan Sungai Loban, air juga mulai meluap.

Sementara di Kecamatan Satui, BPBD Tanah Bumbu menyebut dalam dua hari terakhir curah hujan memang cukup tinggi. Meski demikian, kondisi air di wilayah hulu yang berada di Desa Jombang masih stabil. "Di sana kondisi airnya stabil, tapi deras. Info dari Camat Satui begitu," kata Eryanto.

Di Desa Bakarangan dan Desa Lasung, Kecamatan Kusan Hulu, banjir merendam hingga masuk ke rumah warga. Banjir juga melanda sebagian wilayah di Desa Mantewe, Kecamatan Mantewe. ( TFB/ foto : FB)

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved