Home » » BID CLUSTER V Digelar di Wilayah Simpang 4

BID CLUSTER V Digelar di Wilayah Simpang 4

Written By Fokus Batulicin on Senin, 15 Juli 2019 | 15.19

fokusbatulicin.com - Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) menggelar Bursa Inovasi Desa (BID) Cluster V untuk wilayah Kecamatan Simpang Empat dan Kecamatan Batulicin, bertempat di Gedung Mahligai Bersujud, Senin (15/07).

Adapun jumlah peserta sekitar 51 orang yang terdiri dari perwakilan dua Kecamatan yang tergabung dalam Cluster V tersebut.

Dalam sambutannya Kepala Dinas PMD Tanbu, Nahrul Fajeri mengatakan, BID merupakan forum penyebaran dan pertukaran inisiatif atau inovasi masyarakat yang berkembang di desa-desa kemudian dilanjutkan hingga di tingkat kabupaten/kota.

"Untuk Kabupaten Tanah Bumbu sendiri, pelaksanaan BID dibagi menjadi lima cluster, dengan masing masing cluster terdiri dari dua kecamatan dari sepuluh kecamatan yang ada di Kab Tanbu, serta pelaksanaannya di masing masing kecamatan," imbuhnya.

Bupati Tanah Bumbu H Sudian Noor dalam sambutannya yang disampaikan oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik, HM Thaha pada saat membuka acara menyambut baik dan sangat mengapresiasi dilaksanakannya kegiatan tersebut.

"Karena program Bursa Inovasi Desa, sangat membantu pemerintah desa dalam meningkatkan pemanfaatan dana desa secara berkualitas, melalui berbagai kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masayarakat, yang lebih inovatif dan peka terhadap kebutuhan masyarakat desa," sampainya.

Oleh sebab itu lanjutnya, pemerintah daerah menekankan kepada para peserta khususnya kepala desa dan pendamping desa, agar bersungguh-sungguh mencermati berbagai kegiatan yang ditampilkan dalam BID kali ini, agar dapat direplikasi oleh desa sesuai dengan potensi yang dimiliki masing-masing desa.

"Sehingga nantinya akan menghasilkan inovasi yang mampu membuat perubahan besar bagi desa, sumber daya desa akan semakin bersaing, infrastrukturnya menjadi lebih baik, dan secara tidak langsung menggerakan ekonomi desa, serta berimbas pada perubahan ekonomi Kabupaten Tanah Bumbu secara keseluruhan," tutupnya. (TFB/ foto : MC)
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved