Home » » Dinas Kelautan Gelar Lomba Masak Ikan

Dinas Kelautan Gelar Lomba Masak Ikan

Written By Fokus Batulicin on Senin, 12 Agustus 2019 | 12.13

fokusbatulicin.com - Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Selatan (Prov Kalsel) bekerjasama dengan Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kalsel menggelar Lomba Masak Ikan Ke 17 Tingkat Provinsi Tahun 2019, Rabu (07/08) di Aula Kampus II BPSDM Banjarbaru.

Lomba dengan tema "Ragam Menu Masakan Ikan untuk Menyehatkan Masyarakat, Mencegah Stunting dan Mencerdaskan Anak" itu diikuti oleh seluruh TP PKK Kabupaten/Kota dan dibuka secara resmi oleh Ketua TP PKK Kalsel yang diwakili Wakil Ketua III Hardiyanti Aripin.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, Syaiful Azhari menyampaikan lomba ini merupakan kolaborasi antara Dinas Kelautan dan Perikanan dan TP PKK Prov Kalsel dalam menghasilkan inovasi baru menu makanan sehat dengan bahan dasar ikan.

Dalam kesempatan itu, Syaiful juga berterima kasih atas partisipasi dari seluruh TP PKK kabupaten/kota di Kalsel.

Sementara, Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Tanah Bumbu Hj Mulyawati Rooswandi yang turut hadir beserta pengurus lainnya mengungkapkan ikan adalah sumber protein yang banyak tersedia di seluruh wilayah Bumi Bersujud dan harganya relatif murah.

Karenanya melalui kegiatan seperti ini, kita dapat melihat sembari belajar mengembangkan hasil olahan dari bahan ikan.

"Banyak menu yang dapat diolah dan dikembangkan dengan bahan ikan, guna memberikan variasi dalam menu makanan keluarga sehari-harinya," sampainya.

Kemudian lanjutnya, sesuai dengan tema, diversifikasi menu olahan ikan yang dibuat juga dalam rangka turut mendukung upaya pemerintah dalam menyehatkan masyarakat Indonesia.

Gizi lengkap yang turut diasup saat mengkonsumsi ikan sangat baik bagi kesehatan, terkhusus bagi ibu hamil, hal itu juga turut mencegah resiiko terjadinya stunting pada bayi yang lahir sekaligus ikut mencerdaskan generasi penerus bangsa," ujarnya.

Dalam lomba tersebut, TP PKK Tanbu menampilkan menu keluarga dengan bahan baku ikan Tengiri dan labu yang diolah dengan cara dikukus dengan sebutan Kereta Mangut Tengiri.

Tengiri dipilih sebagai salah satu bahan dalam menu keluarga karena ikan itu merupakan salah satu jenis yang banyak didapat nelayan Kabupaten Tanah Bumbu.

Selain itu juga disajikan menu balita dengan nama Sop Palut yang berbahan dasar pepaya dan ikan belut. (TFB/ Rel)
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved