Home » » Di Haornas, H Dian Maen Logo

Di Haornas, H Dian Maen Logo

Written By Fokus Batulicin on Selasa, 10 September 2019 | 18.23

fokusbatulicin.com - Balogo, permaenan tradisional rakyat Pagatan yang menggunakan Bambu sebagai alat pemukul ( Campa) dan memainkan pecahan tempurung (Logo) beragam bentuk ini semakin lestari di Tanah Bumbu. 

Pelestarian permainan tradisional ini sebagai bukti keseriusan Pemerintah daerah yang terus mengemas dan mempermainkannya disetiap event budaya. seperti di puncak peringatan Haornas 2019 ini. 

Tak Alang, H Sudian Noor selaku Bupati Tanah Bumbu turut serta mempermainkannya dan terlihat piawai memukul campa di Education Park Batulicin, saat membuka lomba Balogo Minggu tadi. Dimana kegiatan ini digagas oleh Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporpar).

Kepala Disporpar Tanbu, Hamaluddin Tahir, melalui Kabid Destinasi Pariwisata Arief Hidayat mengatakan lomba balogo dilaksanakan dalam rangka memeriahkan Hari Olahraga Nasional ke 36.

"Selain dalam rangka memperingati Haornas tahun ini, lomba ini sekaligus melestarikan permainan tradisional sebagai salah satu atraksi wisata budaya yang ada di Kalimantan Selatan," ucapnya.

Terkait lomba balogo, Arief menjelaskan ada 90 tim yang ikut berlaga, dengan masing-masing tim terdiri dari 3 orang.

"Adapun tim-tim tersebut berasal dari 5 wilayah di Kalimantan Selatan, yaitu Kabulaten Banjar, Balangan, HSS, Tanah Laut, Kotabaru dan Tanah Bumbu sendiri," tambahnya.

H Dian mengatakan, apapun bentuk permainan tradisional harus terus dilestarikan di Bumi Bersujud, agar kelak anak cucu kita dapat mengetahui dan memahami makna permainan ini, menjadi salah satu warisan budaya yang terus menerus terjaga. ( TFB)

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved